Software untuk membantu Evaluasi Ergonomika

Seiring perkembangan dunia komputer, dewasa ini berkembang banyak sekali software yang dapat digunakan untuk membantu proses evaluasi ergonomika atas rancangan suatu produk atau stasiun kerja. Perangkat lunak tersebut dapat berupa stand-alone software atau berupa modul (bagian dari suatu software). Salah satu software yang memiliki modul untuk melakukan evaluasi ergonomika adalah CATIA (Dassault Systeme, France). Sedangkan, beberapa stand-alone software (software yang berdiri sendiri) yang dapat digunakan untuk membantu evaluasi ergonomika diantaranya adalah:

  • Jack (Siemens PLM Software Inc., United States)
  • HumanCAD (NexGen Ergonomics, Canada)
  • SAMMIE CAD (SAMMIE CAD Ltd., United Kingdom).

Guna melakukan evaluasi ergonomika, software tersebut memiliki kemampuan untuk mewujudkan model digital manusia (digital human model) dalam bentuk manikin digital seperti ditunjukkan pada Gambar 1. Manikin tersebut nantinya dapat dimodifikasi sehingga dapat merepresentasikan dimensi tubuh manusia (antropometri) dan postur dari operator dari suatu produk atau stasiun kerja.

Gambar 1. Manikin Digital pada Software CATIA V5

Beberapa software di atas juga memiliki kemampuan untuk menilai tingkat keamanan dari suatu postur berdasarkan beberapa metode ergonomics assessment seperti Rapid Upper Limb Assessment (RULA) dan NIOSH Lifting Equation. Selain itu, software tersebut juga dibekali kemampuan untuk melihat jangkauan maksimal  tangan dan kaki dari digital manikin yang dibuat. Banyaknya kapabilitas yang dimiliki software tersebut, membuat tugas seorang ergonomist kini menjadi lebih mudah dan cepat.

 

Sekian, semoga bermanfaat :).

You may also like