Tutorial R-statistics: Menguji perbedaan mean dari dua data independen dengan t-test (Two independent sample t-test)

Berikut cara menguji dua data independen dengan t-test di RStudio:
1. Download file berikut: Data Mesin lama vs Mesin Baru. Data ini merupakan data waktu penyelesaian proses packaging dari dua mesin yang berbeda. Data di file ini saya ambil dari https://onlinecourses.science.psu.edu/stat500/node/50.

2. Dengan menggunakan microsoft excel, ubah data tersebut ke format *.csv

3. Buka RStudio

4. Masukkan data tersebut ke RStudio.

*Apabila saudara belum mengetahui cara memasukkan data di RStudio, saudara dapat       mempelajarinya di tautan ini:

Tutorial R-statistics: Cara memasukkan data di R

5. Apabila data berhasil dimasukkan, data tersebut akan terlihat di jendela View Files and Data

Capture of the data

 

6. Tulis kode berikut: names(Data1) pada jendela console dan tekan enter untuk melihat daftar nama variable dalam data tersebut.

Capture names data

 

7. Agar data tersebut dapat dikenali oleh RStudio, tulis kode berikut: attach(Data1) pada jendela console dan tekan enter.

Capture names and attach data

 

8. Saat ini kita akan menguji perbedaan mean dari dua kelompok data. Kelompok data 1 bernama New.Machine dan kelompok data 2 bernama Old.Machine. Untuk menguji perbedaan mean dari dua kelompok data tersebut, tulis t.test(New.Machine,Old.Machine) pada jendela console dan tekan enter.

Capture t-test

 

9. Berdasarkan hasil t-test, nilai p-value menunjukkan <0.05 sehingga kita menolak (rejectnull hypothesis. Selanjutnya kita dapat menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan mean yang signifikan antara waktu penyelesaian packaging dari Mesin yang baru (New.Machine) dengan waktu penyelesaian packaging dari Mesin yang lama (Old.Machine).

 

 

 

You may also like