Tentang Logo Departemen Kewirausahaan – HMTI

Sewaktu mengecek timeline IG beberapa hari yang lalu, saya melihat beberapa postingan baru dari IG Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) UGM. Di postingan tersebut, foto-foto pengurus baru ditampilkan berdasarkan departemen di mana mereka bernaung. Tetiba saat melihat postingan untuk pengurus departemen kewirausahaan, saya berhenti sejenak. Saya melihat sebuah logo kuning kecil di pojok kanan dalam postingan tersebut.

Gambar 1. Logo Departemen Kewirausahaan HMTI-UGM Sumber: https://twitter.com/hmti_kwu

Melihat logo tersebut, saya sedikit bangga.. Kenapa bangga? kebetulan, logo tersebut adalah salah satu produk visual yang pernah saya buat. Logo departemen kewirausahaan HMTI saya buat ketika saya masih sebagai mahasiswa S1 tahun kedua saat saya masih menjadi staf di departemen tersebut.

Pembuatan logo tersebut terinspirasi dari posisi saya ketika main futsal yaitu ‘kiper’. Saat menangkap bola atau menunggu bola datang, tangan kiper sering membentuk huruf W (Gambar 2). Huruf W sendiri adalah salah satu huruf di kata wirausaha. Selain itu, baik kiper dan wirausaha, keduanya sama-sama bertugas menangkap sesuatu. Kiper bertugas menangkap bola, sedangkan wirausaha bertugas menangkap peluang.

Gambar 2. Posisi tangan kiper yang membentuk huruf W sumber: http://webpages.charter.net/kizbicki/KeeperDrills.htm

Sedangkan warna kuning di logo tersebut, saya pilih karena warna tersebut identik dengan warna identitas teknik industri. Karena kuning merupakan warna identitas teknik industri, banyak sekali atribut teknik industri bernuansa kuning. Keluarga alumni teknik industri pun bernama Koening..hehe

Semoga logo tersebut terus dipakai ya.

Terimakasih.

Columbus, 25 Desember 2017

You may also like